MONITOR


Sebuah alat Ouput device yang bentuk nya kayak tv ini berguna untuk menampilkan apa yang udah di proses sama Vga card terus di tayangin dalam bentuk tulisan/gambar jadi dapat di lihat oleh manusia.
Monitor ada 2 jenis yaitu CRT yang biasa di sebut dengan monitor tabung, dan LCD
cara kerja ke-2 monitor itu berbeda:
CRT: Sinyal dari VGA masuk ke monitor menalui blok RGB(Red Green Blue) terus sinyal tersebut masuk ke tabung dan terpisah sehingga menghasilkan elektron-elektron, alhasil elektron-elektron tersebut di tembak kan ke tabung sehingga dapat memunculkan gambar.
LCD: Terdiri dari 2 Bagian penting yaitu Backlight(neon berwarna putih) dan Kristal cair, cara kerja nya kristal cair ini nyaring sinar dari backlight dan tergantung dari sudut refleksi. Gara2 di kasih ketegangan listrik tertentu kristal bisa berubah sudutnya, contoh nya waktu ingin berwarna putih maka kristal akan membuka selebar-lebarnya, klp pengen berwarna hitam maka kristal akan menutup rapet-rapetnya jd kgk ada cahaya dari back light yang dapat tembus.

Dari segi sudut pandang LCD punya sudut pandang terbatas di bandingkan dengan CRT, jd gmbr di CRT dapat dilihat jelas dari 180 derajat tetapi kalo di LCD akan mengakibatkan gelap atau bertambah terang.