MOTHERBOARD

Motherboard itu komponen pling penting buat sebuah komputer dimana motherboard ini tempat di colokan nya semua komponen-komponen pendukung untuk menjadi 1unit CPU, di motherboard ini pusat pengendali seluruh komponen yang menempel padanya mulai dari arus listrik, input output data, penyimpanan data pada harddisk.
Beberapa penjelasan slot dari gambar di atas:
-Power connector: slot mencolokan kabel daya dari power supply yang fungsinya buat alirin seluruh listrik ke komponen-komponen pada mother board.
-Memory banks: slot untuk mencolokan memory RAM 
-Connector IDE/ATA: slot ini di gunakan untuk mencolokan kabel (HDD,CD drive) slot ini zaman sekarang jarang di pakai sebab kebannyakan motherboard menggunakan connector SATA. Perbedaan connector ATA dengan SATA itu terletak pada sistem transfer datanya, ATA masih menggunakan kabel pararel yaitu kabel IDE kecepatan transfer datanya hanya mencapai 133MBps. Kalo SATA menggunakan sistem transfer data serial menggunakan kabel multiplex kecepatan transfer datanya mencapai 150Mbps.

-Floppy connector: slot ini untuk mencolokan kabel yang menhubungkan antara CD/DVD drive ke motherboard

-ISA Slot: sebuah slot tambahan berkecepatan rendah 16bit-8MHz yang digunakan untuk menambahkan komponen pada motherboard seperti soundcard, lan card. slot ini sudah jarang di gunakan pada motherboard sekarang, generasi terakhir yaitu pentium4.

-PCI Slot: sebuah slot 32bit-33MHz slot ini hampir sama dengan ISA slot, PCI ini masih digunakan sampai sekarang untuk menambahkan komponen seperti soundcard, lan card, dsb..

-ChipSet: Komponen Utama dan terpenting pada motherboard dimana chipset ini lah otak yang mengatur jalan nya seluruh komponen.

-ZIP socket: Tempat untuk mencolok processor